Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI MENELITI GENOM PADA PENYAKIT-PENYAKIT UTAMA YANG PATOGEN TERHADAP TANAMAN

Tanggal : 9 September 2011

Para ilmuwan di Laboratorium Sainsbury di Norwich Research Park, Inggris, sedang menyelidiki organisme yang paling ekonomis merusak  tanaman secara global. Mereka adalah jamur air parasit, agen penyebab embun tepung, dan jamur air,yang menyebabkan busuk daun pada kentang, tomat dan jamur berbulu halus pada sayuran dan tanaman lainnya.

Para peneliti dipimpin oleh Profesor Sophien Kamoun membandingkan genom dari  hawar kentang patogen dengan empat spesies sejenis yang menginfeksi  beragam jenis tanaman termasuk tanaman hias. Analisis menunjukkan bahwa beberapa bagian dari genom menunjukkan tingkat evolusi yang rendah dan ini adalah serupa di antara spesies sejenis. Di sisi lain, beberapa bagian menjadi lebih dinamis dan memungkinkan patogen untuk cepat berpindah host untuk menginfeksi dan beradaptasi dengans pesies tanaman baru.

Genom dari parasit lain yang diteliti juga diurutkan bekerjasama dengan lembaga penelitian lainnya. Genom itu juga dibandingkan dengan spesies lainnya yang terkait erat. Analisis menunjukkan bahwa parasit-parasit telah menghilangkan beberapa gen dan membuat mereka menguasai gen untuk mengendalikan sel inang. Sekuensing genom mengungkapkan bahwa banyak protein efektor, molekul yang menyerang sel-sel tanaman untuk menekan kekebalan tanaman.

Baca press release di http://www.tsl.ac.uk/genehunters.html