Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENELITI BUKA RAHASIA GENETIK DINDING SEL TUMBUHAN

Tanggal : 21 June 2017

Untuk membantu meningkatkan kualitas makanan nabati, para peneliti dari Universitas York dan Quadram Institute membuka rahasia genetik dinding sel tumbuhan. Menggunakan microarray, tim menganalisis ribuan sampel sel tumbuhan secara bersamaan menggunakan microarray, dan memanen sejumlah besar data yang relevan dengan pengaturan sel. Mereka menghubungkan informasi ini kembali ke perubahan spesifik dalam informasi genetik diantara varietas tanaman sel yang berbeda, dengan menggunakan pemetaan asosiasi.

 

Dr. Ian Bancroft dari Universitas York mengatakan, "Dinding sel tumbuhan terbuat dari gula, yang dapat diatur menjadi berbagai macam karbohidrat berbeda yang menentukan sifat dinding sel secara halus namun berbeda." Dia menambahkan bahwa variasi dalam gula ini mengubah sifat tanaman, termasuk pertumbuhan dan pertahanan terhadap hama dan penyakit. Mereka juga mempengaruhi sifat produk tanaman, seperti kualitas gizi dan kegunaan sebagai produk biofuel.

 

"Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengendalian genetik sintesis dinding sel tanaman, kita dapat melakukan perbaikan yang lebih efektif untuk mendukung industri pertanian dan bioindustri," ujarnya. Teknologi microarray membantu mengidentifikasi penanda genetik pada spesimen yang cenderung mengandung lebih banyak, atau kurang dari komponen tertentu. Pemulia mengidentifikasi kapan varian gen yang baik ada, dan para ilmuwan mengetahui kemungkinan posisi dan identitas gen yang relevan melalui penanda yang disorot.

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel penelitian di situs Universitas York https://www.york.ac.uk/news-and-events/news/2017/research/new-approach-to-unlock-genetic-potential-of-plant/.