Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PENCARIAN SUMBER BARU TOLERAN GARAM PADA WORTEL

Tanggal : 10 April 2019

Para ilmuwan dari Universitas Wisconsin mengkaji beragam respon plasma nuftah wortel terhadap stres salinitas dan mengidentifikasi plasma nuftah wortel toleran garam yang mungkin dapat digunakan oleh para pemulia. Mereka juga menjelaskan kriteria penyaringan yang tepat untuk mengkaji toleransi garam dalam perkecambahan benih wortel. Penelitian mereka dipublikasi di HortScience

 

Pemimpin ilmuwan Adam Bolton dan Philipp Simon menekankan bahwa salah satu cara yang efektif untuk melawan efek stres salinitas dalam tanaman glikofitik seperti wortel adalah dengan mengidentifikasi sumber-sumber genetika baru yang toleran dan metode fenotipik yang efisien untuk mengembangkan kultivar toleran salinitas.

 

“Pada penelitian sebelumnya, wortel telah dikarakterisasi seperti tanaman sayur yang sensitif terhadap salinitas. Penelitian ini mengevaluasi koleksi besar plasma nuftah wortel budidaya dan wortel liar dan menegaskan bahwa, dalam kenyataanya, banyak wortel budidaya yang sensitif terhadap salin selama germinasi benih, tetapi bahwa banyak aksesi plasma nuftah yang dievaluasi cukup toleran terhadap salin. Menariknya, lebih banyak wortel toleran salin yang dievaluasi merupakan wortel budidaya, mungkin seleksi yang tidak disengaja oleh para petani ini mencerminkan bahwa mereka telah menanam tanaman dengan air irigasi salin. Studi ini memberikan pandangan optimis ke depan untuk pemuliaan wortel dengan meningkatkan toleransi salinitas selama germinasi. Toleransi selama pembibitan dan pengembangan tanaman nantinya juga diperlukan karena salinitas menjadi tantangan yang lebih serius bagi para petani,” ujar Simon.

 

Baca artikel penelitian di HortScience https://journals.ashs.org/hortsci/abstract/journals/hortsci/54/1/article-p38.xml.