Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PEMULIAAN SEREAL ‘SMARTER’ MENGGUNAKAN RNAS KECIL

Tanggal : 10 August 2016

Para ilmuwan terus-menerus mempelajari strategi pemuliaan tanaman dengan meningkatkan pengembangan varietas sereal baru yang memberikan hasil lebih tinggi dan toleran terhadap stress. 

 

Small RNAs (sRNA) merupakan gen kecil yang mengatur molekul dalam sel tanaman yang terlibat dalam adaptasi terhadap stress. Para ilmuwan dari Universitas Adelaide, yang dipimpin oleh Haipei Liu, sekarang percaya mereka dapat dimanfaatkan untuk memuliakan dan mengembangkan tanaman dengan sifat toleran terhadap stress yang menguntungkan. Para ilmuwan sekarang memperkenalkan sereal pemuliaan ‘SMARTER’: Small RNA-Mediated Adaptation of Reproductive Targets in Epigenetic Regulation, memanfaatkan kemampuan sRNA untuk mengubah ekspresi gen. 

 

Metode baru ini menggunakan small RNAs selama proses pengembangan tanaman untuk mengendalikan karakteristik. Reproduksi dan sifat fisiologis seperti waktu berbunga, percabangan reproduksi, dan arsitektur akar dapat juga dimanipulasi melalui modul regulasi sRNA. Para ilmuwan juga mengkaji jalur mediasi sRNA yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sifat seperti sereal toleran stress yang memberikan hasil lebih tinggi. 

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel di Trends in Plant Science http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1360138516300917.