Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PEMULIAAN CEPAT DAN GENOME EDITING UNTUK MEMBERI MAKAN 10 MILIAR PENDUDUK DUNIA

Tanggal : 20 June 2019

Pemuliaan dengan cepat, bersama dengan teknologi canggih lainnya seperti pengeditan gen, merupakan cara terbaik untuk mengembangkan pipeline tanaman baru. Hal ini menurut artikel di Nature Biotechnology yang ditulis oleh ahli genetika dari Universitas Queensland, Australia.

 

“Kita menghadapi tantangan besar dalam hal memberi makan dunia. Jika anda melihat statistik, kita akan memiliki sekitar 10 miliar jiwa di planet ini pada 2050 dan kita membutuhkan 60 hingga 80 persen lebih banyak makanan untuk memberi makan setiap orang. Ini merupakan tantangan yang lebih besar dalam menghadapi perubahan iklim dan penyakit yang mempengaruhi tanaman kita yang juga terlibat berkembang pesar,” ujar pemimpin penulis, Dr. Lee Hickey.

 

Namun, pemuliaan tanaman tradisional merupakan proses yang lambat. Terinspirasi oleh penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengenai bagaimana menanam makanan di stasiun luar angkasa, Dr. Hicket dan tim mengendalikan cahaya dan suhu dan mengirimkan pertumbuhan tanaman menjadi overdrive. Dalam artikel mereka yang dirilis di Nature pada November 2018, mereka melaporkan bahwa mereka dapat menanam gandum, jelai, chickpea, dan granola hingga enam generasi, dalam satu tahun, sementara teknik tradisional hanya mampu 1-2 generasi dalam rentang waktu tersebut. 

 

Dalam artikel terbaru mereka, Dr. Hickey melaporkan potensi pembiakkan cepat, serta teknologi-teknologi lain yang mungkin berkontribusi signifikan untuk ketahanan pangan, Mereka juga mengintegrasikan teknik genetika baru untuk mengoptimalkan waktu pembungaan dan membuat tanaman lebih tahan terhadap efek perubahan iklim. Sebagai contoh, mereka baru-baru ini bekerja menggunakan sistem CRISP untuk memodifikasi gen tanaman sementara secara simultan mempercepat pembiakkan mereka.

 

Salah satu dari rencana masa depan tim tersebut adalah untuk melatih para pemulia tanaman di India, Zimbabwe, dan Mali dalam kerja sama dengan International Crops Research Institute for the Semi-Arid Tropics dan dukungan dari Bill and Melinda Gates Foundation.

 

Baca manfaat pemuliaan cepat di Nature Biotechnology https://www.nature.com/articles/s41587-019-0152-9, Hickey Lab http://hickeylab.com/our-projects/speed-breeding/ , The New York Times https://www.nytimes.com/2019/06/17/science/food-agriculture-genetics.html , dan TEDx https://www.youtube.com/watch?v=B-aXItzqKco.