Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

Pemerintah Malaysia Dorong Bioteknologi Menjadi Penggerak Sektor Ekonomi Rakyat

Tanggal: 20 April 2016 | Sumber: RRI | Penulis: Dadan Sutaryana

KBRN, Jakarta : Catatan menarik dari peringatan ke 20  tahun Biotechnology yang mengusung tema “Komersialisasi Global Tanaman Biotechnology dan  Menyoroti Tanaman Biotek” yang berlangsung di Pusat Informasi Agribisnis Kementerian Pertanian Jakarta, Selasa (19/04/2016)

 

Ternyata Malaysia sangat konsen menerapkan bioteknologi, seperti yang dikatakan Dr. Mahaletchumy Arujanan, Phd salah seorang nara sumber dari Malaysia pada Seminar tersebut bahwa Malaysia telah melakukan peraturan keselamatan bioteknology dan pemerintah mempromosikan bioteknologi disegala bidang seperti di pertanian, industri dan kesehatan.

 

“Saat ini Malaysia tengah melakukan riset terhadap pepaya dan jagung, karena Malaysia banyak mengimport jagung dari negara lain, sehingga mereka melakukan riset dengan bioteknologi agar mereka tidak perlu lagi mengimport jagung. Tidak hanya itu bahkan pemerintah Malaysia bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk melakukan riset” terang Mahaletchumy.

 

Dijelaskan Mahaletchumy, Malaysia telah menerapkan Kebijakan Bioteknogi pada tahun 2005, setelah kebijakan itu dikeluarkan pemerintah melakukan berbagai macam agenda untuk mendorong Bioteknologi di segala bidang baik itu pertanian, industri dan kesehatan. Karena itu pemerintah Malaysia sangat mendorong lahirnya riset baru, pengusaha dan perusahaan asing untuk masuk ke Malaysia dan mendorong  Bioteknologi agar kedepannya menjadi lebih maju.

 

Diakuinya, bahwa saat ini Malaysia memiliki banyak pabrik minyak, gas dan mereka juga melakukan ekspor elektronik namun mereka sadar bahwa harga minyak tidak selamanya tinggi sehingga mereka harus melakukan berbagai cara pada perekonomian mereka, salah satunya dengan bioteknologi sebagai penggerak ekonomi.

 

“Melalui hal itu mereka ingin agar pendapatan negara mereka juga di dapat ditingkatkan melalui bioteknologi yang berdasarkan ilmu pengetahuan dengan penciptaan lapangan kerja, karena pada saat ini banyak sekali pelajar yang mempelajari bioteknologi, mikro bioteknologi, dan biologi kimia” papar Mahaletchumy.

 

Sementara itu pengembangan dalam masyarakat juga menjadi perhatian pemerintah Malaysia karena mereka ingin agar masyarakat menjadi bagian dari agenda bioteknologi. Seperti saat ini herbal yang telah banyak di produksi secara massal dalam obat-obatan, dan pemerintah ingin agar masyarakat menanam herbal dan mengirim hasil herbal mereka pada perusahan-perusahaan. Dengan demikian pendapatan negara Malaysia dapat juga di peroleh melalui Bioteknologi dan keuntungan dari bioteknologi dapat dirasakan masyarakat secara luas.