Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PEMERINTAH GHANA CARI PERSETUJUAN UU BARU UNTUK REGULASI PRG

Tanggal : 26 June 2019

Pemerintah Ghana sedang mempertimbangkan hukum baru yang memfasilitasi peraturan pangan rekayasa genetika (RG) di negara tersebut.

 

Peraturan Keamanan Hayati (Manajemen Bioteknologi), merupakan instrumen legislatif, telah diperkenalkan kepada parlemen dan sedang menunggu persetujuan. Ini mengoperasionalkan Hukum Keamanan Hayati Nasional 2011 yang memberi izin masuk PRG ke pasar Ghana dan mengatur fungsi Otoritas Keamanan Hayati Nasional. Dokumen juga menetapkan komite yang akan membantu pemerintah dalam prosedur peraturan seperti proses aplikasi, memperoleh izin impor dan ekspor, pemantauan dan penegakan untuk memastikan keamanan pangan RG, dan edukasi publik PRG.

 

Menteri Lingkungan Hidup, Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Inovasi Ghana, Dr. Kwabena Frimpong Boateng, telah memberikan seluruh dukungannya untuk Peraturan Keamanan Hayati dan memohon pada 275 anggota parlemen untuk persetujuan mereka.

 

Dalam pesannya kepada parlemen, Dr. Boateng menggarisbawahi pentingnya UU baru dan memuji PRG untuk dampak positifnya pada produktivitas pertanian, yang memiliki potensi besar untuk mengatasi kebutuhan pangan negara tersebut. “UU bertujuan mengatur bioteknologi untuk memastikan tingkat keamanan yang memadai bagi kesehatan manusia, dan lingkungan dalam perkembangan, transfer, pemeliharaan dan penggunaan PRG dan juga membangun proses yang transparan dan terprediksi dalam mengkaji dan membuat keputusan mengenai PRG di Ghana,” ujarnya. Dr. Boateng juga menyatakan bahwa bioteknologi modern dapat digunakan untuk mengembangkan tanaman pangan tahan kekeringan dan biofertilizer; meningkatkan nilai gizi dan memperpanjang umur makanan; dan mengurangi penggunaan mesin di lahan pertanian sekaligus melindungi lingkungan.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis artikel di Ghana Web https://www.ghanaweb.com/GhanaHomePage/NewsArchive/New-law-to-regulate-GM-foods-laid-in-Parliament-for-approval-755817#.