Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PELUNCURAN LAPORAN ISAAA MENGENAI TANAMAN BIOTEKNOLOGI DI BURKINA FASO

Tanggal : 4 May 2016

ISAAA AfriCenter bekerjasama dengan Africa Seed Trade Association (AFSTA) dan Association Nationale des Entreprises Semencières du Burkina Faso (ANES-BF), sebuah asosiasi perdagangan benih lokal, meluncurkan ISAAA Brief 51: 20th Anniversary (1996 to 2015) of the Global Commercialization of Biotech Crops and Biotech Crop Highlights in 2015 di Burkina Faso pada tanggal 20 April 2016. Acara ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan kesadaran bagi para pedagang benih mengenai tanaman RG. Acara ini dihadiri oleh 40 peserta, termasuk para pedagang benih, media, regulator, dan ilmuwan.
 
Hon. Henri Koubizara, seorang anggota komisi parlemen pada pembangunan ekonomi, lingkungan dan perubahan iklim adalah tamu kehormatan dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Hon. Koubizara menggarisbawahi pentingnya kapas untuk sektor pertanian sebagai tanaman kas pertama negara itu, dia mengatakan bahwa kapas Bt telah membuat perbedaan bagi petani lokal di Burkina Faso. Dia mendesak untuk kesadaran yang lebih terhadap PRG, mengatakan bahwa sebagian besar informasi dalam domain publik tentang PRG adalah negatif. "Banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tentang tanaman RG bahkan sebagai negara yang bersiap menuju adopsi tanaman RG lebih banyak," ujar Hon. Koubizara. Dia menjanjikan dukungannya untuk memfasilitasi pertemuan antara para ilmuwan dan anggota parlemen, untuk sensitisasi lebih luas tentang isu-isu bioteknologi dan keamanan hayati, di kalangan legislator negara.
 
Dr Margaret Karembu menyajikan highlights dari laporan ISAAA, menekankan peran pedagang benih dalam  adopsi dan komersialisasi tanaman RG. Para ilmuwan lokal dan regulator membagikan status dari penelitian tanaman GM dan regulasi di Burkina Faso, dan wilayah Afrika Barat pada umumnya.

Baca Rangkuman Eksekutif Laporan ISAAA http://www.isaaa.org/resources/publications/briefs/51/executivesummary/default.asp.