Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PEJABAT PEMERINTAH INDONESIA HADIRI WORKSHOP MENGENAI PENGKAJIAN KEAMANAN HAYATI DAN PELEPASAN PRODUK RG

Tanggal : 11 May 2016

Sebuah  workshop  mengenai  Proses  Pengkajian  Keamanan  Hayati,  Penilaian,  dan Pelepasan Varietas Produk Rekayasa Genetika (PRG) telah dilakukan untuk memberikan informasi  tentang  proses  pengkajian  keamanan  hayati  dan  proses  pelepasan  produk rekayasa genetika di Indonesia yang dihadiri oleh 22 pesertadi Jakarta, Indonesia pada 7 April 2016. Para peserta merupakan anggota Tim Penilaian dan Pelepasan Varietas dan perwakilan dari Badan Benih Nasional Indonesia.
 
Dalam  sambutannya, Dr.  Ir. Hasil  Sembiring, Direktur  Benih  dari Direktorat  Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian menekankan bahwa manfaat dari produk biotek telah dirasakan oleh petani di banyak negara. Namun, produk ini belum dikomersialkan, masyarakat  Indonesia masih perlu belajar dari negara  lain  sebelum mereka mengadopsi produk  tersebut.  Dengan  demikian,  penting  untuk  memberikan  informasi  yang  akurat untuk penerimaan publik dari produk biotek.
 
Ibu Daisy Joyce Djohor dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan membahas Kebijakan  dan Peraturan PRG  di  Indonesia; Dr. M Thohari  dan Prof. Dr. M. Herman, anggota Tim Teknis Komisi Keamanan Hayati  PRG masing-masing membahas  Proses Pengkajian Keamanan Lingkungan PRG dan Proses Pengkajian Keamanan Pangan dan Pakan PRG; dan Dr. Ir. Hasil Sembiring dari Kementerian Pertanian membahas Pelepasan Varietas  PRG.  Acara  ini  merupakan  upaya bersama antara  Indonesia  Biotechnology Information Centre (IndoBIC), Kementerian Pertanian, SEAMEO BIOTROP, PBPI, dan ISAAA.
 
Untuk lebih lengkap, hubungi Dewi Suryani di catleyavanda@gmail.com.