Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PENELITI TEMUKAN ‘SWITCH’ YANG MEMICU TANAMAN BERBUNGA

Tanggal : 10 August 2016

Para ilmuwan dari John Innes Centre (JIC) telah menemukan satu langkah yang sebelumnya tidak dikenali dari prosen vernalisasi, yang menghubungkan satu gen penting yang bertanggung jawab terhadap waktu pembungaan  untuk protein yang mengatur hal tersebut.

 

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembungaan ditekan oleh gen FLOWERING LOCUS C (FLC). Dalam suhu dingin, protein di sekitar gen yang dibungkus berubah secara progresif dan ini menutup ekspresi gen, akhirnya memungkinkan tanaman berubah dari tahap ‘tumbuh’ ke ‘berbunga’. Regulator yang terlibat dalam mematikan gen FLC ditetapkan, tetapi bagaimana regulator ini mengidentifikasi target mereka dengan benar belum diketahui.  

 

Penelitian baru, yang dipimpin oleh Professor JIC Caroline Dean mempelajari populasi dari tanaman mutasi, dan menemukan satu yang gagal berespon dengan benar terhadap dingin. Ketika mereka melacak di mana mutasi terjadi, mereka menemukan itu menjadi perubahan basa tunggan dalam gen FLC. Percobaan lebih lanjut berhasil mengidentifikasi bagaiman protein VZL1 mengenali susunan DNA dalam gen FLC. Dalam tanaman di mana terjadi kesalahan dalam merespon dingin, mutasi menghalangi pengenalan tersebut, jadi FLC tidak dapat dimatikan.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis berita di situs JIC https://www.jic.ac.uk/news/2016/07/step-closer-understanding-switch-triggers-flowering-plants/.