Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PENELITI SELIDIKI GEN BIOSINTESIS XANTOFIL DALAM CITRUS

Tanggal : 6 July 2016

Hidroksilase karoten terlibat dalam biosintesis xantofil dalam tanaman. Namun, peran mereka dalam mengatur kadar dan komposisi xantofil belum dijelaskan. Para peneliti Universitas Shizuoka menyelidiki peran gen hidroksilase karoten CitHYb, CitCYP97A, CitCYP97B, dan CitCYP97C dalam sintesis xantofil pada citrus.

 

Ekspresi CitHYb meningkat dalam flavedo dan juice sacs selama proses pematangan, yang konsisten dengan akumulasi xantofil dalam jeruk. Selama pematangan, ekspresi CitCYP97A dan CitCYP97C meningkat, yang menyebabkan peningkatan lutein dalam juice sacs. Sementara itu, tingkat ekspresi CitCYP97B jauh lebih rendah dari tiga gen lainnya di juice sacs selama pematangan tersebut.

 

CitHYb adalah gen kunci untuk sintesis xantofil dalam buah citrus, sedangkan analisis lebih lanjut menemukan bahwa CitCYP97C berfungsi sebagai hidroksilase dalam produksi lutein. Hasil ini akan membantu memahami sintesis xantofil dalam buah citrus, dan membantu mengembangkan strategi untuk memperbaiki mereka.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai studi ini, baca artikel lengkapnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0840-2.