Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PENELITI REKAYASA JAGUNG PUTIH UNTUK PRODUKSI ASTAXANTHIN

Tanggal : 17 August 2016

Astaxanthin adalah keto-karotenoid yang umumnya ditemukan dalam krustasea dan umumnya digunakan sebagai suplemen makanan bagi manusia. Gemma Farre dari University of Lleida-Agrotecnio Center di Spanyol, memimpin satu tim peneliti dari berbagai universitas di Eropa dalam mengembangkan jagung transgenik yang mampu untuk memproduksi karotenoid bernilai tinggi dalam kernel. 

 

Tim memasukkan satu β-karoten hidroksilase dan satu β-karoten ketolase menjadi latar belakang jagung putih untuk memperpanjang jalur karotenoid, dengan astaxanthin sebagai produk tujuan akhir. Tim lalu mengekspresikan secara berlebih phytoene synthase, enzim pengontrol karotenogenesis, untuk meningkatkan produksi karotenoid. Di sisi lain, lycopene ε-cyclase telah dihalangi untuk mengarahkan prekursor memperpanjang jalur karotenoid.

 

Pengembangan galur transgenik astaxanthin kemudian disilangkan dengan satu genotip jagung tinggi minyak. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan sejenis galur yang menghasilkan astaxanthin dengan meningkatkan kapasitas penyimpanan bagi astaxanthin.

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang studi ini, baca makalahnya Transgenic Research http://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11248-016-9943-7.