Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PENELITI JEPANG DEKODE GENOM JAPANESE MORNING GLORY

Tanggal : 9 November 2016

Japanese morning glories (Ipomoea nil) adalah tanaman taman tradisional yang populer di Jepang. Dari 200 tahun lalu, morning glories dengan bentuk bunga dan daun berbentuk aneh telah dibudidaya dan dihargai. Karena popularitas “morning glories mutan” tersebut, banyak mutan alami telah dikumpulkan. Dengan analisis mutan-mutan ini, para peneliti telah menemukan sejumlah gen yang menentukan bentuk bunga dan daun serta warna dan pola bunga.

 

Satu kelompok peneliti telah menguraikan genom keseluruhan Japanese morning glory. Salah satu pemimpin penelitian, Profesor Yasubumi Sakakibara dari Universitas Keio, mengatakan bahwa kualitas tinggi, urutan genom yang hampir lengkap mengarahkan pada identifikasi sekitar 43.000 gen morning glory, serta jumlah transposon, yang menghasilkan berbagai warna dan bentuk morning glory.

 

Kelompok peneliti juga menggunakan seluruh urutan genom untuk mengkarakterisasi mutan menunjukkan kekerdilan dengan daun hijau gelap, tebal dan berkerut serta mengidentifikasi satu gen untuk sintesis hormon tanaman yang terganggu oleh trasnposon pada mutan.

 

Salah seorang pemimpin penelitian, Atsushi Hoshino dari National Institute for Basic Biology berharap urutan genome Japanese morning glory tidak hanya digunakan dalam mempelajari morning glory, tetapi juga dalam riset yang berhubungan dengan tanaman, termasuk ubi jalar.

 

Untuk mempelajari studi lebih lanjut, baca di Nature Communications http://www.nature.com/articles/ncomms13295.