Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PENELITI JELASKAN MEKANISME DIBALIK LAYUNYA TANAMAN

Tanggal : 27 April 2016

Sebuah tim peneliti dari Universitas Kobe yang dipimpin oleh Associate Professor Miyake Chikahiro dan mahasiswa PhD telah memproduksi reaksi dimana reactive oxygen species yang berbahaya dibuat selama fotosintesis tanaman, dan menklarifikasi sebuah mekanisme dibalik layunya tanaman.
 
Tanaman bergantung pada fotosintesis sebagai sumber energi, tetapi ketika energi cahaya untuk fotosintesis diserap berlebih, reactive oxygen species (ROS) yang berbahaya yang dihasilkan. Untuk menghadapi oksigen reaktif, tanaman menggunakan enzim, tetapi ketika tanaman terkena tekanan lingkungan, kemampuan mereka untuk berfotosintesis berkurang, mekanisme penghilangan ROS tidak bisa bersaing dengan ROS dihasilkan dari energi cahaya berlebih, dan tanaman layu dan mati.

Kelompok Profesor Miyake ini mengekstrak kloroplas dan membran tilakoid dari daun, dan memberikan mereka terkena cahaya berlebih menggunakan pencahayaan short-pulse berulang. Akibatnya, sebuah partikel yang dikenal sebagai "P700" yang menyerap energi cahaya dalam fotosistem I berhenti berfungsi, dan tiga jenis reactive oxygen species yang diproduksi: radikal superoksida (O2 -), radikal hidroksil (OH •) dan oksigen tunggal (1O2). Mereka lebih lanjut menegaskan bahwa dengan membatasi aliran elektron ke fotosistem I produksi reactive oxygen species ditekan.
 
Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Universitas Kobe http://www.kobe- u.ac.jp/en/NEWS/research/2016_04_20_01.html.