Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PENELITI IDENTIFIKASI GEN YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN AKAR TANAMAN

Tanggal : 26 October 2016

Para ilmuwan di Molecular Phytopathology Group dari Karlsruhe Institute of Technology (KIT) di Jerman telah mengidentifikasi gen yang mengontrol perkembangan akan tanaman dan memungkinkan simbiosis dengan jamur arbuscular mycorrhiza (AM)

 

Tanaman daratan hidup dalam simbiosis dengan jamur AM. Keduanya memperoleh manfaat satu sama lain: jamur AM membantu tanaman mengekstrak nutrisi, dan tanaman menyuplai dengan karbohidrat yang dihasilkan dari fotosintesis. Ini adalah fokus penelitian dari grup KIT yang dipimpin oleh Profesor Natalia Requena.

 

Para ilmuwan mengidentifikasi MIG1 (Mycorrhiza Induced GRAS 1) faktor transkripsi GRAS gen tanaman yang secara khusus diaktifkan oleh jamur AM. Tim mempelajari peran MIG1 menggunakan Medicago truncatula, spesies siput kemangi. Mereka menemukan bahwa MIG1 diekspresikan palingkuat dalam sel yang mengandung arbuscules. Ini secara signifikan mengubat perkembangan korteks akar dengan lebih merangsang pertumbuhan dan sel-sel korteks akar lebih besar. Mereka mengamati bahwa diameter akar secara keseluruhan meningkat jauh, sementara penurunan MIG1 menyebabkan arbuscules cacat.

 

Untuk lebih lanjut, baca rilis beritanya di situs KIT http://www.kit.edu/kit/english/pi_2016_126_how-plants-make-friends-with-fungi.php.