Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PEMIMPIN PETANI DI UGANDA JANJI DUKUNG BIOTEKNOLOGI PERTANIAN

Tanggal : 17 February 2016

Para pemimpin petani dari seluruh wilayah Uganda telah membentuk forum akar rumput mendukung bioteknologi pertanian selama lokakarya tiga hari yang diselenggarakan oleh Science Foundation for Livelihoods and Development (SCIFODE) pada 3-5 Februari 2016. Kegiatan Lokakarya meliputi presentasi pleno mengenai bioteknologi dan kunjungan ke laboratorium dan uji coba lapangan tanaman rekayasa genetika. Para peserta pemimpin petani berasal dari National Farmers' Forum on Agricultural Biotechnology (NAFFAB). 

 

Forum ini akan meningkatkan kesadaran petani tentang penggunaan bioteknologi dalam mengatasi tantangan pertanian, dan memobilisasi petani Uganda untuk mengajukan petisi kepada anggota Parlemen untuk memberikan ijin hukum perilisan tanaman biotek dari lembaga penelitian ke lahan petani.

 

NAFFAB, yang terdiri dari lebih dari 30 pemimpin petani, dibentuk sebagai hasil dari lokakarya kesadaran publik yang dilakukan oleh Uganda Biosciences Center (UBIC) dan SCIFODE dalam tiga tahun terakhir. Lokakarya membawa bersama-sama para ilmuwan, petani, politisi, tokoh agama, dan tokoh budaya untuk membahas bagaimana bioteknologi dapat mengatasi tantangan pertanian dan lingkungan.

 

Ketua terpilih forum ini, Mr. Dominic Etellu, merupakan salah satu dari lima puluh petani teratas Uganda pada tahun 2015, berasal dari dari distrik Serere di Timur Uganda. Dia meminta anggota forum untuk menjadi duta dari bioteknologi ketika mereka kembali ke daerah mereka. Dia menekankan bahwa sudah saatnya petani menyuarakan masalah mereka dan meminta tersedianya solusi dari instansi yang berwenang.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pertanian di Uganda, hubungi Koordinator UBIC di ubic.nacrri@gmail.com.