Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA PEMANGKU KEPENTINGAN BIOTEK SAMPAIKAN INFORMASI TENTANG REGULASI BARU DI INDONESIA

Tanggal : 1 December 2016

 

Lebih dari 80 pembuat kebijakan, anggota dari akademisi, pemerintah, perwakilan industri, dan para pemangku kepentingan lainnya menghadiri seminat tentang Sosialisasi Pengakajian Keamanan Pangan dan Pakan Produk Rekayasa Genetika pada 14 November 2016 di Hotel Salak Tower, Bogor, Indonesia. 

 

Ketua Komisi Keamanan Hayati, Agus Pakpahan, mengharapkan melalui seminar para pemangku kepentingan di Indonesia akan berpengetahuan luas mengenai proses pengkajian produk biotek di Indonesia. Regulasi dibuat untuk meminimalisir risiko dan ketidakpastian. Ibu Yusra Egayanti dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyampaikan gambaran tentang Peraturan Keamanan Pangan di Indonesia dan Ibu Bess Tiesnamurthi, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Indonesia memperkenalkan sistem regulasi baru di Indonesia untuk keamanan pakan kepada publik. Sementara Ibu Bahagiawati dari Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) mendiskusikan berbagai isu dan fakta tentang produk bioteknologi dalam menanggapi kampanye hitam di media sosial baru-baru ini. Setelah presentasi, sebuah forum terbuka dengan panel dari narasumber menanggapi isu-isu tentang regulasi baru dan tanaman RG.

 

Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Biotechnology Information Centre (IndoBIC), bekerja sama dengan Kementerian Pertanian, Badan Pengawas Obat dan Makanan, SEAMEO BIOTROP dan International Service for the Acquisition of Agri-Biotech Applications (ISAAA). Untuk informasi lebih lanjut tentang perkembangan bioteknologi di Indonesia, hubungi Dewi Suryani di catleyavanda@gmail.com.