Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN UNIVERSITAS OXFORD TEMUKAN AKAR MERSITEM TERTUA

Tanggal : 8 June 2016

Ilmuwan Universitas Oxford telah menemukan akar tanaman meristem tertua. Sel-sel tanaman purba, bernama Radix carbonica (dalam bahasa Latin disebut 'coal root') ditemukan dalam ujung akar fosil dalam Herbarium Universitas Oxford. Ini adalah akar tanaman fosil pertama aktif yang ditemukan.

 

Sel batang berusia 320 juta tahun yang ditemukan berbeda dengan sel batang saat ini, dengan sebuah pola yang unik dari pembelahan sel yang tidak diketahui sampai sekarang. Ia juga mengungkapkan bahwa beberapa mekanisme pengendali pembentukan akar sekarang telah punah.

 

Sel-sel akar batang ini adalah bagian dari tanaman yang tumbuh di hutan lahan basah tropis pertama di Bumi, dengan ketinggian pohon-pohon lebih dari 50 m. Evolusi sistem perakaran yang dalam dari belakang kemudian meningkatkan pelapukan kimia yang menarik CO2 dari atmosfer, yang mengarah ke pendinginan bumi dan salah satu zaman es besar.

 

Profesor Liam Dolan dari Universitas Oxford mengatakan, "Fosil-fosil ini menunjukkan bagaimana akar tanaman purba tumbuh untuk pertama kalinya. Hal ini mengejutkan bahwa sesuatu yang begitu kecil bisa memiliki seperti efek dramatis pada iklim bumi."

 

Info lebih lanjut mengenai studi ini, baca makalahnya di Current Biology http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0960982216304663.