Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN TEMUKAN “OTAK” TANAMAN PENGONTROL PERKEMBANGAN BIJI

Tanggal : 7 June 2017

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Birmingham mengungkapkan bahwa sekelompok sel berfumngsi sebagai ‘otak’ untuk memampukan embrio tanaman menilai kondisi lingkungan dan memerintah kapan biji akan berkecambah. Keputusan tanaman untuk berkecambah merupakan proses kunci yang terjadi selama hidupnya. Terlalu cepat, dan tanaman mungkin rusak karena musim dingin yang keras; terlalu lambat, dan mungkin tidak sesuai dengan tanaman lain, tanaman lebih cepat matang.

 

Para ilmuwan menunjukkan bahwa ‘pusat pembuat keputusan’ dalam tanaman Arabidopsis mengandung dua jenis sel: satu mempromosikan dormansi benih, dan yang lainnya perkecambahan. Dua kelompok sel ini mengkomunikasikan satu sama lain melaui pergerakan hormon, sebuah mekanisme analog yang digunakan otak manusia untuk memutuskan apakah akan bergerak atau tidak. 

 

Studi, dipublikasi di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), menggunakan pemodelan matematikan untuk menunjukkan bahwa komunikasi antar elemen terpisah mengontrol kepekaan tanaman terhadap lingkungannya. Mereka menggunakan sebuah tanaman mutan dimana sel-sel lebih terkait secara kimia, untuk menunjukkan bahwa waktu perkecambahan bergantung pada seinyal-sinyal intra-wilayah ini. Model ini juga memprediksi bahwa lebih banyak biji akan berkecambah ketika terkena lingkungan yang bervariasi, seperti suhu yang berfluktuasi, daripada lingkungan konstan, seperti suhu konstan.

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel di University of Birmingham News http://www.birmingham.ac.uk/news/latest/2017/06/plant-'brain'.aspx.