Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN TEMUKAN GENOM LENGKAP WORTEL

Tanggal : 11 May 2016

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Phil Simon dari Universitas Wisconsin-Madison memecahkan kode genetik  lengkap wortel, yang diterbitkan di Nature Genetics. Genom wortel memiliki lebih dari 32.000 gen mengatur antara sembilan kromosom, kode untuk hama dan ketahanan penyakit, warna karotenoid, dan sifat-sifat lainnya.
 
"Wortel memiliki reputasi yang baik sebagai tanaman dan kami tahu itu bahwa tanaman ini  merupakan  sumber  nutrisi  yang  penting  -  vitamin  A,  khususnya,"  ujar  Simon. "Sekarang,  kami  memiliki  kesempatan  untuk  menggali  lebih  dalam  dan  itu  adalah tambahan yang bagus untuk cara untuk meningkatkan hasil panen."
 
Saat  ini wortel  oranye  dulu  pernah  sekali  berwarna  putih  dan  ditemukan  di  alam  liar. Budidaya wortel petama kali tercatat 1.100 tahun yang lalu di Asia Tengah, dimana wortel berwarna ungu dan kuning. Wortel oranye muncul pada tahun 1500-an di Eropa. Penelitian tidak dapat menjelaskan mengapa wortel budidaya pertama berwarna ungu dan kuning, meskipun  itu  membuktikan  bahwa  hal itu  terjadi  bukan  karena rasa  karena tidak  ada hubungan  yang  ditemukan  antara  kode  gen  untuk  warna  dan  rasa.  Penelitian  ini mengungkapkan bahwa ekspresi berlebih dari pigmen oranye merupakan akumulasi yang biasanya tidak akan terjadi dalam evolusi. Sebuah gen (Y) diidentifikasi menjadi penyebab perbedaan antara wortel putih dan kuning atau oranye, dan bahwa variasi  itu mengarah pada akumulasi karotenoid.
 
Baca  rilis  beritanya  dari  Universitas  Wisconsin-Madison  http://news.wisc.edu/carrot- genome-paints-picture-of-domestication-could-help-improve-crops/.