Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN TEMUKAN GEN SGR YANG MENGINDUKSI PERUBAHAN WARNA PADA DAUN

Tanggal : 3 November 2016

Klorofil memainkan peran penting dalam fotosintesis, dan dalam proses, sebuah aliran elektron dibuat dengan menghilangkan salah satu molekul dan mentransfernya ke yang lain. Warna daun musim gugur terhadi ketika klorofil mendegradasi sebagai bagian dari penuaan daun, dipicu ketika satu enzim yang disebut Mg-dechelatase mengekstrak magnesium (Mg) dari klorofil. Para peneliti dari Universitas Hokkaido telah menunjukkan bahwa gen Stay-Green yang diketahui terlibat dalam kode degradasi klorofil untuk Mg-dechelatase. Mutan Stay-Green memungkinkan daun untuk tetap hijau selama penuaan.

 

Tim peneliti memasukkan SGR dalam daun yang seluruhnya hijau dan menemukan bahwa kadar klorofil berkurang. Kuatnya penemuan ini menunjukkan bahwa gen SGR mengkodekan Mg-dechelatase yang mengekstrak magnesium dari klorofil, memberikan pemahaman lebih lanjut tentang bagaimana degradasi pigmen.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Universitas Hokkaido https://www.oia.hokudai.ac.jp/blog/the-gene-of-autumn-colours/.