Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN TEMUKAN ENZIM TUNGGAL PENGENDALI PERTUMBUHAN DAN HORMON PERTAHANAN

Tanggal : 1 December 2016

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada 14 November edisi Proceedings of the National Academy of Sciences, para ilmuwan di Washington  University in St. Louis melaporkan bahwa enzim GH3.5 dapat mengontrol kada dua hormon tanaman, auksin dan asam salisilat. GH3.5 adalah enzim pertama dari jenisnya yang diketahui dapat mengontrol kelas yang sama sekali berbeda dari hormon.

 

Auksin mengontrol berbagi respon tanaman, termasuk sel dan pertumbuhan jaringan dan perkembangan, sementara asam salisilat membantu tanaman merespon insfeksi, yang sering mempengaruhi pertumbuhan. Tanaman harus berhati-hati mengontrol kadar auksin dan asam salisilat agar tumbuh dengan benar dan berekasi terhadap ancaman baru. Untuk menemukan bagaimana GH3.5 mengontrol berbagai hormon, para peneliti menginduksi tanaman untuk mengakumulasi sejumlah besar protein kemudian mengukur kadar hormon mereka. Ketika GH3.5 diekspresikan pada kadar yang tinggi, auksin dan asam salisilat berkurang. Tanpa auksin, tanaman tetap kecil dan kerdil.

 

Untuk membuktikan bahwa GH3.5 mengatur kelas hormon yang berbeda, tim peneliti mengkristalkan GH3.5. Para peneliti menembakkan sinar-X ke dalam kristal protein, dan difraksi sinar-X memberikan infomrasi tentang struktur atom per atom dari enzim. Mereka menemukan bahwa bagian dari enzim yang mengikat dan memodifikasi hormon terlihat hampir mirip dengan enzim terkait yang hanya dapat memodifikasi enzim.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Washington University in St. Louis https://source.wustl.edu/2016/11/single-enzyme-controls-two-plant-hormones/.