Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN PECAHKAN KODE PATOGEN MAYOR PADA BARLEY

Tanggal : 17 August 2016

Para ilmuwan di Scotland's Rural College (SRUC), Institute of Evolutionary Biology dan fasilitas Edinburgh Genomics Universitas Edinburgh dan Rothamsted Research telah menyusun dan mengeksplor genom Ramularia collo-cygni, cendawan patogen yang menyebabkan bercak daun Ramularia pada barley.

 

R. collo-cygni hidup di antara sel-sel tanaman barley tanpa menyebabkan gejala selama beberapa minggu. Cendawan ini menjadi semakin agresif dan mengeluarkan racun ketika kondisi dalam tanaman berubah. Mekanisme ini bersifat tidak diketahui, tetapi penelitian baru mengidentifikasi sejumlah besar gen terlibat dalam keluarnya racun kimia berbahaya dan protein.

 

Genom juga mendukung ide-ide saat ini tentang bagaimana cendawan berkembang. Para ilmuwan menegaskan klasifikasi cendawan dalam kelompok yang sama sebagai patogen tanaman lainnya, dan sebagai kerabat dekat dari Zymoseptoria tritici, yang menyebabkan bercak daun Septoria tritici pada gandum. Mereka menemukan gen umum berpikir untuk memaikan peran dalam menyembunyikan cendawan dari sistem pertahanan tanaman.

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di situs Rothamsted Research http://www.rothamsted.ac.uk/news-views/major-pathogen-barley-decoded-new-avenues-control.