Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN KEMBANGKAN PISANG RG DENGAN MASA PENYIMPANAN LEBIH LAMA

Tanggal : 29 June 2016

Para ilmuwan dari Agricultural Research Organization di Israel telah mengembangkan tanaman pisang transgenik yang masa penyimpanannya lebih lama dengan mengurangi ekspresi dari dua faktor transkripsi. Hasilnya dipublikasikan dalam Plant Physiology. 

 

Berdasarkan studi sebelumnya tentang gen pematangan tomat, Dr. Haya Friedman dan rekan menandai gen serupa dalam pisang yang dikenal sebagai gen MADS box, MaMADS1 dan MaMADS2. Ketika ekspresi gen-gen ini telah ditekan, tanaman pisang menunjukkan penundaan pematangan dan menambah karakteristik masa penyimpangan. Karakteristik tertundanya pematangan itu terkait dengan produksi hormon pematangan, etilen. Galur dengan represi gen tertinggi tidak menghasilkan etilen dan pematangan sangat tertunda. Selain itu, kualitas dan rasa pisang transgenik tetap sama.

 

Para peneliti sekarang bekerja mengenai komersialisasi hasil untuk membantu petani dan produsen.

 

Baca artikel penelitian di Plant Physiology http://www.plantphysiol.org/content/171/1/380.abstract. Lihat video penelitian ini di Scientific American http://www.scientificamerican.com/video/bananas-genetically-modified-not-to-rot/.