Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN JIC TEMUKAN LINK YANG HILANG DALAM FIKSASI NITROGEN TANAMAN

Tanggal : 1 June 2016

Para ilmuwan di John Innes Centre (JIC) telah menemukan satu komponen penting dalam proses fiksasi nitrogen pada tanaman. Para ilmuwan telah mengidentifikasi protein yang memfasilitasi perpindahan kalsium dalam sel tumbuhan. Perpindahan kalsium memberi tanda kepada tanaman bahwa terdapat bakteri pengikat nitrogen dan memicu perkembangan nodul pada akar-akarnya ke rumah bakteri ini.

 

Perpindahan kalsium berlangsung dalam nukleus pusat sel tumbuhan. Tim peneliti JIC yang dipimpin oleh Dr. Myriam Charpentier dan Profesor Giles Oldroyd menemukan satu set protein penting, yang disebut cyclic nucleotide gated channel 15s (CNGC15s), yang penting untuk perpindahan kalsium ke dalam nukleus. Mereka menemukan bahwa CNGC15s memfasilitasi perpindahan kalsium ke dalam nukleus, yang memungkinkan tanaman untuk mentransfer informasi bahwa bakteri tanah nitrogen berada di dekatnya. Hal ini memungkinkan tanaman untuk memulai proses seluler dan perkembangan yang memfasilitasi akomodasi bakteri, yang memungkinkan pembentukan simbiosis mengikat nitrogen, dan dengan demikian, fiksasi nitrogen. Meskipun perpindahan kalsium ini terbatas pada nukleus tumbuhan, hal ini memiliki dampak besar pada bagaimana seluruh tanaman akan tumbuh.

 

Untuk lebih jelasnya mengenai penelitian ini, dapat dilihat di situs JIC https://www.jic.ac.uk/news/2016/05/john-innes-centre-scientists-discover-missing-link-plant-nitrogen-fixation-process/.