Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN JEPANG KEMBANGKAN TANAMAN SUPER MELALUI RG SEDERHANA

Tanggal : 29 June 2016

Para ilmuwan Jepang menemukan modifikasi genetik sederhana yang dapat menyebabkan tanaman lebih kuat. Temuan mereka diterbitkan dalam Plant & Cell Physiology.

 

Studi sebelumnya dari tim peneliti yang sama mengungkapkan mekanisme molekuler yang mengontrol jam biologis tanaman Arabidopsis. Dalam uji coba awal, mereka menghambat tiga gen pseudo-response regulator (PRR), menyebabkan tertundanya pembungaan yang mengakibatkan ukuran yang lebih besar dan meningkatkan kemampuan beradaptasi. Dalam penelitian terbaru ini, para peneliti memodifikasi satu gen PRR tunggal yang disebut PRR5-VP yang mengarahkan pada hasil yang sama dengan studi awal.

 

Tertundanya pembungaan menyebabkan produksi biomassa tanaman dua kali lipat dan ketahanan yang lebih besar terhadap cekaman. Bila terkena suhu membeku selama satu hari, semua tanaman kontrol mati, sementara hanya setengah dari tanaman PRR5-VP mati. Ketika terkena kekeringan selama 16 hari, semua PRR5-VP bertahan, sementara hampir semua tanaman kontrol mati.

 

Baca lebih lanjut di Plant & Cell Physiolog http://pcp.oxfordjournals.org/content/57/5/1085.abstract?sid=ae025418-35ea-423f-a19c-1226e429f2ee dan Deutsche Welle http://www.dw.com/en/japanese-stride-toward-genetically-modified-super-plant/a-19321574.