Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN GHANA DESAK PEMERINTAH UNTUK INVESTASI DI RISET PERTANIAN

Tanggal : 22 June 2016

Para ilmuwan Ghana telah mendesak pemerintah mereka untuk berinvestasi lebih banyak dalam penelitian pertanian. Berbicara baru-baru ini pada sebuah lokakarya mengenai media outreach dan perilisan Global Status of Commercialized Biotech Crops (2015) ISAAA, Profesor Kenneth Danso, Direktur Biotechnology and Nuclear Research Institute (BNRI), meminta pemerintah untuk berinvestasi dalam penelitian pertanian untuk meningkatkan sektor tersebut. "Pemerintah harus mengambil isu-isu pertanian yang lebih serius dengan 

mengalokasikan lebih banyak dana untuk penelitian untuk membatasi kebergantungan pada dukungan donor," ujar Dr. Danso.

 

 

Dr. Lawrence Misa Aboagye, Direktur Plant Genetic Resources Centre (CSIR / PGRRI) di Bunso, Timur Ghana, mengakui pentingnya kelangsungan penelitian tanaman RG di negara ini. "Tanaman RG dikembangkan untuk mendapatkan sifat baru yang diinginkan seperti pematangan tanaman lebih awal untuk mencocokkan berkurang curah hujan, varietas toleran panas dan kekeringan serta varietas unggul."

 

Laporan Status Global disampaikan oleh Profesor Walter Sandow Alhassan, seorang Ahli Pertanian dan mantan Direktur Jenderal Council for Scientific and Industrial Research (CSIR). Dia menggarisbawahi manfaat yang diperoleh petani dari tanaman RG dalam 20 tahun sejak komersialisasi. Dia juga membagikan peserta salinan ringkasan laporan dalam bahasa Akan, salah satu bahasa yang paling umum digunakan di Ghana, dengan 53% dari populasi.

 

Acara diselenggarakan di Plant Genetic Resources Centre (CSIR/PGRI) di Bunso, Timur Ghana pada 26 Mei 2016 diselenggarakan oleh Open Forum on Agricultural Biotechnology-Ghana Chapter dan CSIR.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara tersebut, hubungi Dr Margaret Ottah Atikpo, Ketua OFAB Programming Committee di Ghana magatik@yahoo.co.uk.