Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA ILMUWAN ANALISA FUNGSI GEN PHYTOENE SYNTHASE 1 DALAM GANDUM

Tanggal : 26 October 2016

Phytoene synthase 1 (PSY1) adalah enzim pengatur paling penting dalam biosintesis karotenoid. Namun, fungsinya dalam gandum umum (Triticum aestivum) tidak diketahui. Para peneliti Tiongkok, dipimpin oleh Shengnan Zhai dari Chinese Academy of Agricultural Sciences, menyelidiki fungsi dan regulasi Psy 1 menggunakan reverse genetics

 

Kadar transkrip Psy1 dalam galur trangenik RNAi diturunkan dan yellow pigment content (YPC) mereka berkurang secara signifikan dibandingkan dengan kontrol, membenarkan perannya dalam akumulasi karotenoid. Tim juga mengamati satu set gen kandidat yang terlibat dalam jalur sekunder dan proses metabolisme inti yang merespon penurunan Psy1. Analisa lebih lanjut mengungkapkan bahwa domain kaya aspartat penting bagi fungsi Psy1, dengan melindungi nukleotida setelah domain mempengaruhi YPC melalui ekpresi gen regulasi, aktivitas enzim atau splicing alternatif.

 

Hasil ini mengungkapkan akspek-akspek kunci dari regulasi warna tepung pada gandum dan memfasilitasi pengembangan genetik kualitas gandum dalam hal warna dan/atau spesifikasi nutrisi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, baca artikel lengkapnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0916-z.