Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PARA AHLI DI JEPANG SIMPULKAN PANGAN GENE-EDITED AMAN

Tanggal : 20 March 2019

Karena perdebatan global mengenai peraturan tanaman gene-edited terus berlanjut, beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Jepang telah sampai pada kesimpulan bahwa makanan dari tanaman tersebut tidak memerlukan regulasi.

 

Panel penasehat dari Ministry of Health, Labor and Welfare Jepang telah merekomendasikan untuk memungkinkan bahan makanan gene-edited untuk dijual pada konsumen tanpa evaluasi keamanan hayati selama teknik yang digunakan memenuhi kriteria tertentu. “Ada sedikit perbedaan antara metode pemuliaan tradisional dan gene editing dalam hal keamanan,” ujar Hirohito Sone, seorang ahli endokrin di Universitas Niigata yang memimpin panel ahli.

 

Laporan akhir Jepang tentang makanan gene-edited telah disetujui, dan draf awal menyatakan tidak ada penapisan keamanan yaang harus dilakukam selama teknik yang digunakan tidak meninggalkan gen atau bagian gen asing dalam organisme target. Panel menyimpulkan masuk akal untuk meminta informasi mengenai teknik-teknik pengeditan, gen target untuk modifikasi, dan detail lainnya dari pengembang atau pengguna yang akan dipublikasikan sementara berkenaan informasi ekslusif. 

 

Untuk lebih lengkap, baca artikel di Science https://www.sciencemag.org/news/2019/03/gene-edited-foods-are-safe-japanese-panel-concludes.