Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PADI RG TINGGI BESI DAN ZINK DIKEMBANGKAN

Tanggal : 17 February 2016

Sekelompok ilmuwan transdisciplinary dari institusi di Filipina, Kolombia, Indonesia, Amerika Serikat, Australia, dan Jepang telah berhasil mengembangkan padi dengan meningkatkan kandungan besi (Fe) dan zink (Zn) melalui biofortifikasi.

 

Studi ini menemukan bahwa padi rekayasa genetika telah meningkat secara signifikan kadar Fe (hingga 15 mikrogram) dan Zn (hingga 45,7 mikrogram) per gram beras putih yang dapat diserap oleh sel-sel manusia. Butir beras putih mengandung hanya sekitar 2 mikrogram Fe dan 16 mikrogram Zn per gram, dan dengan terbatasnya variasi kandungan Fe yang bersilangan dalam butir di kolam gen padi, upaya pemuliaan konvensional belum berhasil mencapai 13 mikrogram Fe dan 28 mikrogram Zn per gram beras putih untuk memenuhi 30% dari estimated average requirement (EAR) pada manusia.

 

Para ilmuwan menggunakan sintase gen nicotianamine dari beras dan feritin dari kedelai- yang sama-sama menghasilkan biji-bijian tinggi mikronutrien. Mereka memperkenalkan gen untuk varietas padi IR64, dan membiakkannya ke dalam varietas indica populer lainnya, dimana padi yang paling banyak berkembang dari Asia Selatan dan Tenggara kekurangan Fe dan Zn.

 

Untuk lebih lengkap, baca artikelnya di Rice Today http://ricetoday.irri.org/genetically-engineered-rice-with-high-levels-of-iron-and-zinc-is-developed/