Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

PADI RG PRODUKSI HASIL YANG TINGGI DAN LEBIH SEDIKIT EMISI GAS RUMAH KACA

Tanggal : 29 July 2015

Para peneliti Swedish University of Agricultural Sciences Chuanxin Sun dan tim dari berbagai institusi mengembangkan tanaman padi yang memproduksi hasil yang lebih tinggi dan lebih sedikit gas rumah kaca (GRK). Hasil penelitian mereka dipublikasikan di Nature.

 

Varietas padi baru direkayasa untuk mengekspresikan gen dari barley, yang membuat tanaman menghasilkan lebih sedikit metana dan meningkatkan bulir 43% lebih banyak. Menurut Dr. Sun, uji coba lapangan selama tiga tahun telah menunjukkan hasil yang positif. Penurunan tertinggi emisi metana yang diamati selama musim panas, mencapai 0,3 sampai 10% lebih sedikit dibandingkan dari kontrol. Padi RG mengurangi emisi lebih sedikit pada musim gugur, karena suhu yang lebih rendah.

 

Baca artikel berita dari MIT Technology Review http://www.technologyreview.com/news/539536/new-gmo-rice-for-higher-yield-less-global-warming/. Untuk lebih lengkap, baca artikel penelitian di Nature http://www.nature.com/nature/journal/v523/n7562/full/nature14673.html#affil-auth.