Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

OSBZIP62 TINGKATKAN TOLERANSI KEKERINGAN DAN OKSIDATIF PADA PADI

Tanggal : 20 June 2019

Kekeringan merupakan salah satu faktor abiotik yang mempengaruhi hasil panen tanaman. Penelitian telah menunjukkan bahwa faktor transkripsi motif basic leucine zipper (bZIP) memainkan fungsi pengaturan yang penting dalam respon stres kekeringan tanaman. Namun, fungsi faktor transkripsi bZIP dalam padi masih misterius. Para ilmuwan dari Shanghai Agrobiological Gene Center mengidentifikasi dan mengkarakterisasi faktor transkripsi bZIP terbaru yang terkait stres kekeringan dalam padi – OsbZIP62. Temuan dipublikasi dalam BMC Plant Biology.

 

Hasil menunjukkan bahwa ekspresi OsbZIP62 diinduksi oleh kekeringan, hidrogen peroksida, dan asam absisat (ABA). Ekspresi berlebih dari OsbZIP62-VP64 (OsbZIP62V) mengarah pada peningkatan toleransi stres kekeringan dan oksidatif yang ditunjukkan oleh padi transgenik, sementara mutan osbzip62 menunjukkan reaksi sebaliknya. OsbZIP62-GFP ditemukan terlokalisasi di nukleus, dan sekuens N-terminal diperlukan untuk mengaktifkan transkripsi OsbZIP62. Lebih lanjut, analisis menunjukkan bahwa ekspresi beberapa gen yang berhubungan dengan stres diatur dalam tanaman OsbZIP62V.

 

Temuan ini menyiratkan bahwa OsbZIP62V penting dalam jalur persinyalan ABA dan secara positif mengatur toleransi kekeringan pada padi dengan mengendalikan ekspresi gen yang terkait stres, dan gen ini dapat digunakan pada tanaman penting rekayasa genetika dengan toleransi kekeringan yang lebih baik.

 

Baca artikel penelitian di BMC Plant Biology https://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-019-1872-1.