Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

MENTERI TEKNOLOGI DAN SAINS NIGERIA DORONG PENGGUNAAN BIOTEKNOLOGI PERTANIAN DEMI PEMBANGUNAN EKONOMI

Tanggal : 30 March 2016

Hon. Dr. Ogbonnaya Onu, Menteri Nigeria untuk Kementerian Federal Sains dan Teknologi telah mendesak untuk mengadopsi bioteknologi pertanian untuk mengurangi kemiskinan dan memacu pembangunan ekonomi. Berbicara pada sebuah lokakarya yang diadakan di Abuja pada tanggal 17-18 Maret 2016, Menteri menggarisbawahi pentingnya bioteknologi modern dalam membantu Nigeria untuk memberi makan penduduknya yang semakin meningkat.
 
"Jika penduduk kita terus bertambah pada tingkat ini, jumlahnya akan naik menjadi satu miliar pada akhir abad ini. Oleh karena itu sangat penting bahwa kita mulai merencanakan untuk besok" ujarnya. Hon. Onu mengungkapkan kegembiraannya atas berlakunya hukum keamanan hayati, menyatakan bahwa kekhawatiran publik mengenai keamanan teknologi sekarang diperhatikan dengan adanya Undang-Undang Keamanan Hayati.
 
Dalam sambutannya, Dr. Louise Setshwaelo, perwakilan FAO di Nigeria, menyatakan bahwa "Di FAO, kami percaya bioteknologi pertanian memberikan manfaat bagi petani Afrika dan oleh karena itu kami mendukung pendekatan berbasis ilmu pengetahuan tentang evaluasi tanaman biotek" dia menambahkan.
 
Lokakarya yang berlangsung selama dua hari ini meneliti peran bioteknologi pertanian dalam mencapai ketahanan pangan dan diversifikasi ekonomi di Nigeria. Ini menunjukkan siklus penuh pengembangan produk dan pengujian, termasuk prinsip-prinsip pengkajian risiko, manajemen risiko dan komunikasi risiko dalam bioteknologi dan keamanan hayati. Para peserta lokakarya terdiri dari berbagai pemangku kepentingan termasuk pegawai negeri dari kementerian terkait, badan-badan khusus seperti Varietal Release Committee, Nigeria Agricultural Quarantine Service dan Nigerian Seed Council. Media dan pemimpin asosiasi petani juga hadir. Lokakarya ini diselenggarakan  oleh National Biotechnology Development Agency (NABDA) Nigeria bekerjasama dengan National Biosafety Management Agency (NBMA) dan Program for Biosafety Systems (PBS).
 
Untuk informasi lebih lengkap tentang lokakarya ini, hubungi Dr. Rose Gidado dari National Biotechnology Development Agency (NABDA) di roxydado91@gmail.com.