Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

MAP PERTAMA EPIGENOM GANDUM DICIPTAKAN

Tanggal : 16 December 2015

Para ilmuwan Universitas Liverpool telah berhasil melakukan penelitian luas gandum pertama dari pewarisan molekul mengubah pengaturan aktivitas gen dalam gandum. Tanda epigenetik adalah tanda kimia yang secara fisik menempel pada DNA, memodifikasi fungsinya tanpa mengubah kode genetik. Metilasi DNA adalah sebuah mekanisme epigenetik kontrol ekspresi gen yang dapat diwariskan pada generasi mendatang, dan teknologi baru telah memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari metilasi DNA dalam genom gandum kompleks.

 

Menggunakan perlakuan natrium bisulfat dan pengayaan gen yang ditargetkan, tim peneliti mengamati bahwa metilasi sangat kekal di semua tiga genom gandum hexaploid, tetapi menemukan bukti metilasi spesifik sub-genom. Perubahan metilasi juga ditemukan terkait dengan perubahan ekspresi gen dan, meskipun tidak menunjukkan, perubahan ini cenderung mempengaruhi fenotip. Stabilitas metilasi dalam genom gandum juga ditunjukkan, dengan beberapa pola metilasi dilestarikan selama lebih dari 0,5 juta tahun.

 

Prof. Anthony Hall, yang memimpin penelitian, mengatakan, "Dengan kemampuan untuk mengkarakterisasi pola genome dari metilasi kita sekarang dapat mengatasi pertanyaan mendasar dalam gandum, seperti peran epigenetik dalam domestikasi tanaman dan stabilitas dan fungsi jangka panjang metilasi."

 

Informasi selanjutnya, baca rilis berita Universitas Loverpool https://news.liverpool.ac.uk/2015/12/10/scientists-create-first-map-of-the-wheat-epigenome/.