Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

LIPI Bangun Laboratorium Biosafety Level-3

Tanggal: 7 April 2018 | Sumber: Kompas.id | Penulis: RATIH PRAHESTI SUDARSONO

BOGOR, KOMPAS — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, atau LIPI, mulai membangun gedung Laboratorium Biosafety Level-3 di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI di kawasan Cibinong Science Center-Botanic Garden, Bogor, Jumat (6/4/2018). Keberadaan laboratorium ini untuk jaminan keamanan atas kualitas penelitian pangan dan kesehatan.

 

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas LIPI, dijelaskan bahwa laboratorium jenis ini sangat dibutuhkan di Indonesia. Sebab, laboratorium ini juga memberikan jaminan atas konsistensi hasil penelitian dan pembuatan produk jadi siap komersialisasi, serta memperkecil bahaya yang bisa ditimbulkan produk karena kontaminasi.

 

Laboratorium dilengkapi fasilitas produksi skala kecil sesuai standar good laboratory practice dan good manufacturing practice.

 

”Jadi, produk pangan riset pangan kita memiliki daya saing dengan produksi sejenis negara lain di pasar dalam negeri dan internasional,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof Dr Enny Sudarmonowati.

 

Kepala Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Dr Bambang Sunarto menuturkan, tujuan jangka pendek adalah memfasilitasi kegiatan penelitian tahap lanjutan, pengujian, pembuatan prototipe, dan lainnya yang membutuhkan ruangan bebas partikel bertekanan negatif Laboratorium Biosafety Level-3, baik secara in vitro maupun in vivo.