Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

LAPORAN ISAAA DILUNCURKAN DI MALAWI DAN MOZAMBIK

Tanggal : 10 June 2015

Pemangku kepentingan di dua Negara di Afrika Selatan mendukung penggunaan tanaman biotek untuk mengatasi tantangan di sektor pertanian. Selama peluncuran laporan ISAAA mengenai Global Status of Commercialized Biotech/GM Crops: 2014 di Malawi pada tanggal 26 Mei 2015, Mr. Alik Manda, mewakili Direktur Jenderal Komisi Nasional Sains dan Teknologi, mengatakan bahwa pemerintah Malawi mengakui kemungkinan peningkatan produktivitas pertanian melalui bioteknologi. Dia mengamati bahwa tantangan yang dihadapi oleh negara seperti banjir yang baru-baru in terjadi dan cuaca kering kronis akan ditangani dengan menggunakan beberapa alat, termasuk yang terbaik dari teknologi konvensional serta bioteknologi modern. Mengakui upaya peneliti Malawi dalam melakukan uji coba tanaman biotek, ia mengatakan bahwa petani Malawi harus diizinkan untuk menikmati manfaat dari teknologi pertanian modern seperti rekan-rekan mereka di tempat lain di dunia.

 

Dengan fungsi yang sama di Maputo, Mozambik pada tanggal 28 Mei 2015, Dr. Carlos Santana dari Kementerian Ilmu dan Teknologi melaporkan kemajuan positif dalam tinjauan hukum keamanan hayati, mengungkapkan optimisme bahwa perubahan akan disetujui oleh pemerintah dalam minggu mendatang. Persetujuan ini berarti bahwa negara selanjutnya dapat maju dengan melakukan uji coba pada tanaman biotek, dan kemudian komersialisasi tanaman RG. Para peserta di dua pertemuan, termasuk wartawan, pembuat kebijakan dan para ilmuwan memahami kebutuhan untuk mendidik masyarakat mengenai peran bioteknologi pertanian dalam mengubah pertanian.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ke-dua pertemuan tersebut, hubungi Mr. Paul Chege dari ISAAA AfriCenter di pchege@isaaa.org.