Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

LAPORAN BARU NYATAKAN BIOENERGI MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN

Tanggal : 22 June 2016

Sebuah tim ahli internasional dari 10 lembaga telah merilis Reconciling Food Security and Bioenergy: Priorities for Action, sebuah laporan yang menyatakan bahwa energi dan ketahanan pangan dapat secara bersamaan ditingkatkan melalui program pengembangan biofuel dan bioenergi yang dirancang dengan baik.

 

Laporan tersebut menunjukkan bahwa pangan dan keamanan energi adalah tujuan yang saling melengkapi, sebagaimana yang termaktub dalam United Nations 2030 Sustainable Development Goals (SDGs), dan dalam Perjanjian Paris di bawah UN Framework Convention on Climate Change (UNFCCC). Para penulis menguraikan beberapa cara di mana upaya pembangunan yang berfokus untuk meningkatkan ketahanan pangan dan menjamin kebersihan dan sumber energi yang dapat diandalkan bagi penduduk lokal dapat selaras dalam sebuah cara sinergis. Laporan ini mengidentifikasi langkah-langkah berdasarkan ilmu pengetahuan untuk memastikan bahwa biofuel, tanaman pangan dan sumber daya alam dapat dikelola secara berkelanjutan bersama-sama. Hal ini juga berisi kesimpulan yang menunjukkan bagaimana bioenergi dapat mendorong ketahanan pangan.

 

Publikasi laporan dapat dilihat dalam jurnal Global Change Biology Energy http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/gcbb.12366/full,dihasilkan melalui sebuah kolaborasi internasional dan multidisiplin yang digagas saat konferensi pada bulan November tahun 2014. Informasi lebih lengkap tersedia di situs International Food Policy Research Institute https://www.ifpri.org/news-release/report-bioenergy-can-support-food-security.