Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

LAPORAN ADOPSI TANAMAN BIOTEK GLOBAL RILIS DI BOGOR, INDONESIA

Tanggal : 29 August 2018

Laporan ISAAA yang berjudul Global Status of Commercialized Biotech/GM Crop: 2017 telah dilunvurkan di Bogor, Indonesia pada 20 Agustus 2018. Acara ini diselenggarakan oleh ISAAA, Indonesian Biotechnology Information Centre (IndoBIC), dan Kementerian Pertanian. Dihadiri oleh 80 perwakilan pemerintah dan sektor swasta dan praktisi media.

 

Dr. Paul Teng, Ketua Dewan ISAAA mempresentasikan pokok-pokok laporan dan Dr. Rhodora R. Aldemita dari ISAAA Global Knowledge Center memberikan tinjauan adopsi biotek/tanaman RG di Asia. Dr. Muhammad Herman juga mendiskusikan status bioteknologi di Indonesia, sementara Dr. Parulian Hutagaol dari Institut Pertanian Bogor mempresentasikan dampak sosial-ekonomi tanaman biotek.

 

Laporan ISAA juga dipresentasikan kepada lebih dari 200 anggota akademi nasional dan internasional, perwakilan pemerintah, dan mahasiswa selama International Conference on Genetic Resources and Biotechnology (ICGRB) yang diadakan dua hari pada 20-21 Agustus 2018. Acara ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Konferensi ini membahas ide, pengalaman, dan hasil penelitian yang terkait dengan sumber daya genetika tanaman, khususnya pada akses dan pembagian manfaat; sistem informasi dan manajemen basis data sumber daya genetika tanaman; penerapan teknik baru untuk pengembangan tanaman seperti penggunaan sekuens genomik, pengeditan genom, dan biologi sintetis; bio-prospecting dan valuasi ekonomi sumber daya genetika; pengetahuan tradisional yang terkait dengan sumber daya genetika; dan manajemen bank gen berkelanjutan dan konservasi in-situ.

 

 

Untuk informasil lebih lanjut mengenai bioteknologi di Indonesia, kunjungi situs IndoBIC http://www.indobic.or.id/indobic/.