Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KROMOSOM B JAGUNG PENGARUHI TRANSKRIPSI KROMOSOM A

Tanggal : 27 April 2016

Kromosom B jagung (Zea mays L.) secara luas diyakini tidak memiliki gen fungsional. Namun, keberadaannya mungkin dapat mempengaruhi ekspresi gen dari A genom. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa kromosom B mungkin berisi daerah homolog urutan kromosom A. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Wei Huang dari China Agricultural University, mempelajari lebih lanjut kromosom B jagung.
 
Hasilnya menunjukkan bahwa kromosom B jagung mempengaruhi transkripsi A-genom, dan  pengaruh  ini memperkuat  ketika  jumlah  salinan  kromosom B meningkat. Ekspresi seratus tiga puluh gen berbeda terdeteksi antara galur dengan dan galur tanpa kromosom B. Secara diferensial ekspesi gen terutama yang terlibat dalam metabolisme sel dan mengikat nukleotida. Letak transkripsi aktif gen B juga menunjukkan kesamaan yang tinggi dengan homolog A-genom mereka.
 
Hasil ini menjelaskan struktur genom dan evolusi kromosom B jagung. Untuk informasi lebih lanjut, baca artikelnya di BMC Plant Biology http://bmcplantbiol.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12870-016-0775-7.