Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KOTILEDON KEDELAI DIGUNAKAN SEBAGAI PLATFORM UNTUK PRODUKSI PROTEIN TERAPEUTIK

Tanggal : 20 March 2019

Morfogenetik tulang protein BMP2 memiliki fungsi penting dalam produksi dan regenerasi tulang dan tulang rawan, yang vital dalam menjaga integritas kerangka dan perbaikan tulang patah. Dengan demikian, BMP2 secara komersil dihasilkan untuk penggunaan klinis. Para peneliti dari Embrapa Recursos Genéticos e Biotecnologia, Brasil, dan rekannya mencoba untuk mengekspresikan BMP2 manusia ke dalam dua sistem tanaman, kloroplas selada dan biji kedelai.

 

Para peneliti memasukkan gen rhBMP2 pada dua lokasi genom kloroplas selada. Analisis menunjukkan bahwa gen BMP2 ditranskripsi tetapi tidak diakumulasi dalam daun. 

 

Di sisi lain, event kedelai dua berhasil mengekspresikan hBMP2 dalam biji transgenik. Protein BMP2 rekombinan diberikan pada kultur sel C2C12, yang menginduksi osteogenic cascade sebagaimana termanifestasi dalam peningkatan ekspresi gen SP7 (osterix) and ALPI (alkaline phosphatase).

 

Temuan-temuan ini menyarankan bahwa kedelai dapat digunakan untuk menghasilkan protein terapeutik fungsional seperti BMP2.

 

Baca hasilnya di Transgenic Research https://link.springer.com/article/10.1007/s11248-019-00116-7.