Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KEPALA EUROPABIO SERUKAN UNTUK UBAH SISTEM PERSETUJUAN EU UNTUK PRODUK PRG DAN GENE-EDITED

Tanggal : 3 July 2019

Dalam interview baru-baru ini untuk laporan spesial terbaru IEG Policy yang berjudul Smart Solutions for Food and Farming: A Policy Perspective, Sekretaris Jenderal EuropaBio, Joanna Dupont-Inglis berbicara tentang pandangan organisasinya terhadap kebijakan tanaman RG dan pengeditan genom Uni Eropa.

 

Dupont-Englis mengatakan dia menolak putusan Pengadilan Eropa pada Juli 2018 karena putusan tersebut dapat menyebabkan inovasi sains kehidupan Eropa terhenti, mengutip bahwa komunitas ilmiah terkemuka dunia Eropa juga menyerukan perubahan. Dia menambahkan bahwa sistem persetujuan RU telah mencegah petani mengakses produk-produk yang telah aman digunakan selama beberapa dekade di bagian dunia lainnya. Menurutnya, sistem yang telah ada untuk PRG di UE dapat dan seharusnya bekerja jauh lebih lancar, bahkan di dalam petunjuk yang ada. 

 

Dupont-Inglis mengatan, “Setiap produk yang diklasifikasi sebagai PRG memiliki sedikit peluang untuk mendapatkan akses pasar yang adil di  UE. EuropaBio dengan tegas percaya bahwa, untuk memajukan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB pada 2030, secara proporsional, berdasarkan tujuan, dan pendekatan berbasis sains kepada teknologi modern, seperti bioteknologi inovatif dan sains kehidupan, itu penting.”

 

Sebagai Sekretaris Jenderal EuropaBio, dia melihat penerapan pengeditan genom memiliki potensi yang menjanjikan dalam pengembangan buah dan sayuran yang tahan hama dan penyakit, produk-produk dengan potensi alergenitas lebih rendah, minyak kedelai yang lebih sehat yang mengurangi lemak trans, sereal dengan penggunaan air yang lebih efisien, serta tanaman dengan hasil yang meningkat, dan yang dapat mengurangi limbah.

 

Baca lebih lanjut tentang wawancara tersebut di IEG Vu https://iegvu.agribusinessintelligence.informa.com/CO228221/Interview-EuropaBio-head-calls-for-change-in-EUs-ag-tech-approval-system.