Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KENTANG RG TUNJUKKAN KETAHANAN TERHADAP COLORADO POTATO BEETLE

Tanggal : 9 January 2019

Salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan terhadap serangan serangga pada tanaman adalah budidaya tanaman Bt. Penelitian menyarankan sebuah strategi alternatif menggunakan RNA interference (RNAi) untuk melawan serangan Colorado potato beetle (CPB) pada tanaman kentang. Hasilnya dipublikasi di Transgenic Research.

 

Para ilmuwan dari Nigde Omer Halisdemir University di Turki melakukan penelitian untuk membungkam gen Ecdysone receptor (EcR) CPB yang berasosiasi highly specific molting menggunakan RNAi. Tanaman kentang (pembudidaya Agria dan Lady Olympia) ditransformasi dengan gen EcR CPB melalui transformasi Agrobacterium tumefaciens. Tanaman transgenik dikaji untuk keberhasilannya melawan larva CPB. Hasil menunjukkan 15-80% kematian CPB. Lebih lanjut, larva CPB yang terpapar tanaman kentang transgenik menunjukkan transkrip EcR lebih rendah, menandakan fungsi dsRNA EcRin membungkam ekspresi gen EcR.

 

Berdasarkan temuan tersebut, metode yang digunakan adalah strategi yang efektif dan dapat diandalkan untuk mengatasi hama serangga kentang. 

 

Baca artikel penelitian di Transgenic Research https://link.springer.com/article/10.1007/s11248-018-0109-7.