Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KEMBANGKAN TOMAT TAHAN WABAH MELALUI REKAYASA GENETIKA

Tanggal : 7 February 2018

Penelitian dilakukan oleh para peneliti di Plant Molecular and Cellular Biology Institute (IBMCP), satu usaha gabungan dari Universitat Politècnica de València dan Spanish National Research Council (CSIC), mengungkapkan bagaimana tanaman tomat yang dimodifikasi secara genetika mampu meningkatkan ketahan terhadap wabah serangga Tuta absoluta

 

Diperkirakan 40% produksi tanaman tahunan di seluruh dunia hilang karena wabah dan patogen, dan 13% karena serangga. Luis Cañas, peneliti dari CSIS di IBMCP, menjelaskan bahwa “serangga penambang Tuta absoluta telah menjadi salah satu wabah utama yang mengancam perkebunan tomat di seluruh dunia, dan tanpa pengelolaan yang tepat hal ini dapat menyebabkan kerugian produksi antara 80% dan 100%.”

 

Para peneliti beralih pada rekayasa genetika untuk memperkuat tanaman tomat dengan memberikan gen pertahanan seperti inhobitor protease pada jelai. Satu inhibitor serine proteinase (BTI-CMe) dan satu inhibitor cysteine proteinase (Hv-CPI2) diselidiki, diisolasi dari tanaman jelai, pada serangga Tuta absoluta. Kedua inhibitor diuji secara terpisah, serta bersama-sama dalam tanaman tomat transgenik. Larva Tuta absoluta yang diberi makan tanaman transgenik keduanya menunjukkan penurunan berat yang nyata, dan hanya 56% larva mencapai fase dewasa mereka. Mereka yang mencapai fase dewasa memiliki sayap yang cacat dan penurunan kesuburan. 

 

Untuk lebih lengkap, baca rilis beritanya di R&I World http://ruvid.org/ri-world/researchers-create-plague-resistant-tomatoes/.