Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KEMAUAN POLITIK YANG BAIK KUNCI ADOPSI KAPAS Bt DI SUDAN

Tanggal : 25 November 2015

Delegasi tur studi yang baru-baru ini ke Sudan menyimpulkan bahwa keinginan baik politik merupakan faktor kunci dalam memastikan penerimaan komersialisasi tanaman biotek di negara-negara dari kawasan COMESA. Peserta dari tur yang dilaksanakan selama 7 hari, diadakan pada 8-13 November 2015, mengakui bahwa kemajuan yang dicapai oleh sub sektor kapas Sudan adalah hasil komitmen yang kuat dari pemerintah Sudan. Ini yang mereka pelajari, membantu memastikan petani akan mengadopsi dan memperoleh manfaat dari kapas tahan serangga (kapas Bt). Peserta mengunjungi petani daerah kapas irigasi dari New Halfa Agricultural Corporation (NHAC) dan Rahad Skema, di Sudan Tengah, dan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat pemerintah, para ilmuwan dan pemangku kepentingan lainnya dari sub sektor kapas Sudan.

 

Menurut petani yang dikunjungi, adopsi kapas Bt di Sudan, sejak 2012, telah berkontribusi dalam mengurangi ancaman boll worms Afrika. '' Sebelumnya, saya hanya bisa memanen 50% dari buah kapas yang sisanya telah dirusak oleh ulat kapas. Sekarang saya bahagia dapat memanen semua buah kapas," ujar Mr. Ibrahim Ahmed, seorang petani kapas dalam bagan Rahad Irigasi, Sudan Tengah.

 

Study tour diselenggarakan oleh Alliance for Commodity Trade in Eastern and Southern Africa (ACTESA/COMESA) bekerjasama dengan National Biosafety Council of Sudan, dan Ministry of Environment, Forestry and Physical Construction. Kegiatan ini melibatkan regulator, peneliti dan wartawan dari Mesir, Ethiopia, Kenya, Malawi, Swaziland, Zambia, dan Zimbabwe.

 

 

Informasi lebih lanjut, hubungi Dr. Getachew Belay di gbelay@comesa.int.