Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

KECENDERUNGAN PERSETUJUAN TANAMAN BIOTEK SECARA GLOBAL (1992-2014)

Tanggal : 8 July 2015

Dengan meningkatnya jumlah tanaman rekayasa genetika (RG), persetujuan teknologi ini dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan, permintaan, dan kepentingan perdagangan. ISAAA mendirikan GM Approval Database  untuk mendokumentasikan persetujuan tanaman biotek. Berdasarkan dokumen persetujuan, ISAAA melakukan studi mengenai kecenderungan dan faktor-faktor yang mempengaruhi persetujuan RG dalam waktu 23 tahun terakhir (1992-2014). Penelitian ini juga memberikan dasar pemikiran untuk faktor yang mempengaruhi persetujuan, dan implikasinya dalam adopsi tanaman RG. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam GM Crops and Food.

 

Dalam dekade kedua komersialisasi (2004-2014), ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah persetujuan untuk pangan, pakan, dan budidaya dibandingkan dengan dekade pertama (1992-2003). Peningkatan persetujuan bisa jadi karena pengaruh negara-negara mengembangkan kerangka peraturan mereka pada dekade pertama dan berpengaruh pada dekade terakhir. Insiden internasional lainnya, termasuk kekeringan di AS pada 2012, juga disimpulkan telah menjadi faktor baik secara langsung maupun tidak langsung yang mempengaruhi persetujuan RG global.

 

 

Temuan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan penerimaan tanaman RG serta keinginan negara dalam meningkatkan kapabilitas regulasi untuk dapat memperoleh manfaat dari tanaman RG. Makalah ini memberikan informasi tentang kecenderungan mengenai pertumbuhan industri tanaman RG dalam 23 tahun terakhir, yang mungkin penting dalam memprediksi tanaman RG masa depan.

 

Laporan penelitian ini ditulis oleh Dr. Rhodora R. Aldemita, Ian Mari Reaño, Dr. Renando Solis dan Dr. Randy Hautea

 

Untuk informasi lebih lanjut tentang studi, baca artikel lengkap yang diterbitkan secara online sebagai naskah GM Crops & Food di http://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/21645698.2015.1056972#abstract.