Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

JURNALIS UGANDA JANJI UNTUK MENGUBAH RETORIK TERHADAP SAINS

Tanggal : 14 March 2018

Cornell Alliance for Science, bekerja sama dengan Proyek Water Efficient Maize for Africa (WEMA), Uganda Biosciences Information Center (UBIC), dan mitra lainnya untuk mengadakan lokakarya pelatihan dua hari mengenai bioteknologi pertanian untuk jurnalis Uganda dari 9-10 Maret 2018 di National Crops Resources Research Institute (NaCRRI) di Namulonge, distrik Wakiso, Uganda.

 

Lokakarya mempertemukan perwakilan kekuatan keempat dari berbagai rumah media di negara ini. Tujuannya adalah untuk memberkan tips dan panduan tentang bagaimana cerita bioteknologi pertanian dapat diberitakan dengan cara yang menarik bagi audiens menggunakan Proyek Water Efficient Maize for Africa (WEMA) sebagai studi kasus.

 

Berbicara dalam acara tersebut, Dr. Godfrey Asea-Direktur NaCRRI menyatakan optimis bahwa petani akan segera diizinkan menggunakan tanaman RG yang saat ini diuji coba di negara tersebut. “Begitu (keamanan hayati) undang telah siap, kami memiliki produk menjanjikan untuk pindah ke deregulasi dan penyebaran berikutnya,” catat Dr. Asea sambil berbicara kepada peserta lokakarya selama tur uji coba lapangan WEMA di NaCRRI.

 

Ini muncul di latar belakang pernyataan kebuntuan politikal terkait penerapan beberapa bioteknologi modern, untuk pengembangan pertanian di Uganda. Ini telah menghasilkan upaya untuk memperoleh produk teknologi pertanian modern, seperti tanaman RG, ke tangan petani karena tidak adanya kebijakan nasional yang memungkinkan.

 

Para peserta lokakarya membahas isu-isu kritis yang terkait dengan komunikasi sains. Mereka juga melakukan brainstorming mengenai cara strategis untuk mengubah retorika melawan sains di media dan memfasilitasi pengambilan keputusan berdasarkan sains dalam waktu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 

 

Untuk lebih lengkap, hubungi ubic.nacrri@gmail.com.