Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

JURNALIS DAN PEMBUAT KEBIJAKAN BUTUH PESAN BIOTEK YANG SEDERHANA

Tanggal : 3 July 2019

Selama enam tahun, para pembuat kebijakan dan jurnalis di Uganda telah mengekspresikan kebingungan mereka tentang sulitnya dalam mengapresiasi terminologi ilmiah dan pesan yang disampaikan tentang bioteknologi. Dalam banyak kesempatan, para ahli non-ilmuwan telah secara sukarela menyederhanakan pengetahuan dengan keberhasilan terbatas. Karena alasan ini, Uganda Biosciences Information Center (UBIC) menyatukan para peneliti dan praktisi media untuk mengembangkan “kamus” pertama yang menyediakan terjemahan bahasa sederhana beberapa terminologi yang digunakan dalam bioteknologi dan biosciences. UBIC selanjutnya bermaksud untuk menerjemahkan “kamus” ini dalam Bahasa Inggris ke bahasa-bahasa utama yang digunakan di Uganda dan wilayah seperti Kiswahili, Luganda, Runyakitara, Luo, Acholi, and Ateso.

 

“Komunikasi sains sangat menantang karena faktanya bahwa sebagian besar teknologi ilmiah berasal dari dunia barat dan oleh karena itu bahasa Afrika sering tidak tepat dalam menerjemahkan bagian-bagian ilmiah,” ujar Dr. Anton Bua, seorang peneliti senior di National Crops Resources Research Institute (NaCRRI). 

 

“Tujuannya adalah untuk menyederhanakan cara kita mengkomunikasikan sains dan yakin apapun bahasa yang digunakan, pendengar menerima pesan yang mirip,” ujar Dr. Barbara Zawedde – Koordinator UBIC selama perilisan inisiatif baru-baru ini di salah satu Zonal Agricultural Research and Development Institute NARO di Uganda. Peserta juga mengambil bangian dalam mengidentifikasi dan menyederhanakan beberapa dari sebagian besar terminologi yang umum digunakan oleh para peneliti Uganda, dan mengembangkan pesan sederhana untuk asosiasi sosial-ekonomi umum dan etnik yang berfokus pada tanaman biotek.

 

Ambinguitas dalam bahasa/sematik sering mendistorsi pesan ilmiah membuat upaya ini sangat relevan dalam era peningkatan informasi baik disengaja dan tidak sengaja. Setelah difinalisasi, “kamus” akan disebarluaskan kepada komunikator dan pejuang biotek untuk memfasilitasi dialog informasi tentang biosciences dan bioteknologi pertanian modern.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi ubic.nacrri@gmail.com.