Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

INDOBIC LAKUKAN KUNJUNGAN KE TEMPAT PENELITIAN JAGUNG DI MALANG, INDONESIA

Tanggal : 16 December 2015

Sekitar 24 peserta dari media nasional, petani dan perwakilan instansi pemerintah berpartisipasi dalam kunjungan dua hari ke tempat penelitian jagung dan lahan pertanian di Malang, Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Indonesian Biotechnology Information Center (IndoBIC), Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), dan CropLife Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dari industri benih jagung di Indonesia dan untuk mengidentifikasi masalah utama dan masalah yang dihadapi petani sehingga upaya bersama dapat digunakan dalam membantu mereka memecahkan masalah mereka.

 

Para peserta mengunjungi tempat penelitian Dupont di Malang dan berinteraksi dengan petani di lahan pertanian mereka di Kepanjen, Malang. Peserta juga berdiskusi dengan Bapak Winarno Tohir, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tentang peran teknologi di bidang pertanian. Bapak Tohir juga membahas tentang masa depan yang menjanjikan dari perkebunan jagung khususnya di Indonesia dan pentingnya benih untuk keberhasilan sektor pertanian.

 

Selain itu, Bapak Yuana Leksana dari CropLife menyoroti kontribusi industri benih tanaman untuk produksi pangan nasional. Dia menyebutkan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia, sejak 2009 - 2014, produktivitas jagung paling meningkat (42%) dibandingkan dengan beras dan kedelai. Peningkatan produktivitas dipengaruhi oleh fasilitas produksi, peningkatan teknik budidaya dan perbaikan genetik. Saat ini, benih jagung hibrida digunakan di Indonesia, namun jagung biotek sedang dikembangkan dan dinilai oleh komisi keamanan hayati Indonesia dan diharapkan akan dirilis dalam waktu dekat. Teknologi ini menawarkan keuntungan karena dapat menghasilkan bibit berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas tanaman.

 

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi catleyavanda@gmail.com.