Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN VIB TEMUKAN CARA MENINGKATKAN HASIL GULA DAN PRODUKSI BIOMASSA DALAM ARABIDOPSIS

Tanggal : 28 March 2017

Tanaman yang direkayasa untuk sedikit mengandung lignin untuk mempermudah proses industri biomassa tanaman menjadi energi. Sayangnya, proses ini mengurangi hasil. Para peneliti di VIB-UGent Center for Plant Systems Biology menemukan cara untuk mengatasi masalah ini. Apalagi, strategi yang mereka gunakan tidak hanya mengembalikan hasil biomassa. Ini meningkatkan hasil di luar jenis tanaman tipe liar. 

 

Biomassa tanaman berfungsi sebagai bahan baku terbarukan dan bebas karbon untuk produksi bioenergi dan senya kimia lainnya. Namun, proses industi biomassaini terhambat oleh lignin. Biomassa lignoselulosa sangat kaya gula, yang dapat digunakan untuk produksi bioetanol. Tetapi memperoleh gula dari tanaman itu sulit. Meski lignin memperkuat dinding sel tanaman, pada dasarnya juga menjebak gula di sana. 

 

Dalam studi terbaru mereka, Prof. Wout Boerjan dari VIB-Ugent, mahasiswa PhD Barbara De Meester dan Dr. Ruben Vanholme, mencari solusi untuk masalah ini. Tim menggunakan tanaman Arabidopsis mutan, kercil, yang mengandung hanya setengah dari jumlah normal lignin. Dr. Ruben Vanholme mengatakan, “Kombinasi jumlah lignin rendah dan peningkatan biomassa dalam tanaman rekayasa genetika mengarahkan pada peningkatkan pelepasa gula empat kali lipat dibandingkan tanaman liar. Dan gula itulah yang perlu kita pindahkan dari ekonomi berbasis fosil ke berbasis bio.

 

Selengkapnya baca VIB News http://www.vib.be/en/news/Pages/Scientists-discover-how-to-increase-both-sugar-yield-and-biomass-production-in-the-model-plant-Arabidopsis.aspx.