Indonesian Biotechnology Information Centre
Biotechnology for the welfare of people

Ubah ke bahasa: English

BERITA TERKINI

ARTIKEL

ARTIKEL

ILMUWAN USDA KEMBANGKAN TEKNIK BARU UNTUK EKSTRAKSI LUNASIN

Tanggal : 5 August 2015

Para ilmuwan di Kementerian Pertanian AS (USDA) mengembangkan prosedur baru untuk mengekstrak lunasin, sebuah senyawa yang berpotensi melawan kanker dan aktivitas anti-inflamasi dari biji kedelai.

 

Menurut Hari Krishnan, seorang ahli biologi molekuler dari Agricultural Research Service USDA, hewan dan uji klinis manusia terhadap lunasin telah tertunda karena ekstraksinya telah menjemukan, memakan waktu, dan mahal. Namun, dengan prosedur baru yang telah mereka kembangkan, ekstraksi hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam dan menghasilkan lebih banyak lunasin dan konsentrat protease inhibitor daripada metode lainnya, termasuk prosedur kromatografi yang rumit dan menumbuhkan ragi RG atau bakteri. Ekstraksi yang sebenarnya dilakukan dengan larutan 30 persen etanol, dilanjutkan sentrifugasi dan penambahan kalsium klorida untuk lebih memurnikan konsentrat.

 

Baca artikelnya dari USDA http://www.ars.usda.gov/is/pr/2015/150722.htm.Prosedur baru dibahas dalam sebuah artikel penelitian yang dipublikasi di Food Chemistry http://www.sciencedirect.com/science/journal/03088146.